temukan resep
MASAKAN JAJANAN
favorit anda disini !
Beranda » , , » INFO RAGAM JENIS SEAFOOD – UDANG

INFO RAGAM JENIS SEAFOOD – UDANG

Baca Resep Lainnya

Udang

Saat kita berbicara tentang jenis seafood, pasti yang terlintas pertama dalam pikiran kita adalah UDANG !


Rasa manis dan citarasa khas dari udang ini memang memikat seluruh umat manusia sejak pertama kali dimakan. Menghiasi restoran terkenal dunia hingga rumah kecil sederhana di planet ini, memberi perasaan gembira saat digigit didalam mulut, dan beragam makna yang tak tersebutkan oleh kata-kata, telah dihadirkan oleh UDANG !


Baiklah, mari kita liat ada beberapa jenis udang yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan telah menghiasi piring makan kita. 


UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)

Jenis udang ini sering kita sebut dengan udang pancet atau tiger prawn. Udang yang memiliki ukuran lumayan besar dari jenis lainnya. Pasokan udang windu ini, kebanyakan, didapat dari nelayan yang mengambilnya di laut, namun kini ada juga yang telah membudidayakannya di tambak air payau. 
Udang Windu

Perbedaan antara udang yang didapat dari laut dan udang hasil budidaya adalah warnanya. Udang windu dari laut berwarna merah muda kekuningan dan udang windu yang berasal dari tambak biasanya berwarna kehijauan. 

Uniknya, udang jenis ini akan berwarna merah ketika dimasak dan jika disimpan di dalam lemari es setelah dimasak, warna ini akan tetap tahan selama beberapa hari. Hmm siapa yang tidak suka dengan udang jenis ini?

UDANG PUTIH (PENAEUS MERQUIENSIS)
Jenis udang ini biasa dikenal dengan nama udang Jerbung  atau banana prawn. Udang putih ini yang berukuran kecil biasanya kita kenal sebagai udang peci.

Udang Putih

Ciri utama dari udang ini adalah memiliki tubuh tembus pandang dan terkesan berwarna putih. Warna putih ini pun tetap bertahan walau kita masak. 


Selain sangat enak dimasak dalam keadaan utuh, udang ini juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan petis, terasi, dan lain-lain.


UDANG RONGGENG ATAU MANTIS SHRIMP (HARPIOSQUILLA RAPHIDEA)
Di daerah pesisir timur pantai sumatra, udang jenis ini terkenal dengan nama udang ketak atau udang nenek. Bentuk tubuh panjang langsing, menjadikan udang jenis ini terlihat unik, ditambah lagi dengan kepala dan sungut mirip belalang sembah. Juga memiliki capit yang terkesan menyeramkan, seperti sisir tajam dan beberapa ujung bagian tubuhnya cukup tajam seperti duri. 


Tubuh udang jenis ini tergolong tidak kokoh, bahkan agak rapuh, dibandingkan jenis udang lainnya. Diperlukan kehati-hatian tinggi dalam menanganinya.


Udang Nenek/ Ronggeng/ Mantis

Udang ini sangat enak dibuat sup ataupun dibuat tim. Digoreng atau dikukus dengan bumbu sederhana, udang ini pun tetap enak dinikmati. Menu terbaru dari udang mantis ini adalah dimasak saus teriyaki pedas. 


Satu hal yang harus dihindari adalah terlalu lama menyimpannya didalam lemari es. Karena udang jenis ini dagingnya akan menyusut, bahkan dagingnya akan melumer, terutama saat terlalu lama terbuka dalam suhu panas. Jika menggoreng pun, dianjurkan  tidak terlalu lama menggorengnya, cukup 1 menit saja, karena dagingnya akan menjadi keras dan menyusut.



Hmmm setelah kita membaca 3 jenis udang diatas, mungkinkah ada jenis udang lainnya yang belum tersebutkan?  Bagi dong infonya. Thanks a lot !
Print Friendly and PDF
BAGIKAN

Selamat Memasak !

0 komentar :

Post a Comment