temukan resep
MASAKAN JAJANAN
favorit anda disini !
Beranda » , » INFO - MANUSIA DAN SEAFOOD

INFO - MANUSIA DAN SEAFOOD

Baca Resep Lainnya


Seperti juga kelompok makanan lainnya, kelompok seafood memiliki banyak para penggila yang memang mempunyai dasar kuat untuk menggilai  kelompok makanan ini. Selain citarasanya yang khas, ketersediaan seafood yang dimiliki negara Indonesia amat melimpah ruah. Letak geografis Indonesia, yang mendapat julukan negeri seribu pulau ini, yang menyebabkan seafood mudah diperoleh.

Namun, ada beberapa orang yang memang tidak bisa menikmati jenis hidangan ini karena menimbulkan efek alergi, bahkan tergolong parah.

Para nenek moyang kita, sejak zaman dahulu, telah memiliki keterampilan untuk mengolah seafood dan meluluhkan efek alergi tersebut. Seperti memasukkan sepotong kecil arang ketika merebus kepiting atau udang sesaat sebelum diolah menjadi hidangan untuk membuang racunnya.

Sebenarnya rahasia sajian makanan laut yang sempurna adalah terletak pada kesegaran bahannya. Bahan yang segar, walaupun dimasak dengan bumbu yang minim, akan tetap terasa kelezatannya. Contohnya kerang rebus, cumi-cumi bakar, masih sangat nikmat dimakan.

Di Indonesia, olahan seafood sangat bervariasi, mulai dan makanan kecil sampai lauk. Kerang banyak dijual dalam bentuk kerang goreng tepung yang lezat untuk camilan. Variasi pun terus berkembang, misalnya belakangan ada yang mempopulerkan kepiting saus padang.



Cumi-cumi goreng tepung merupakan makanan kecil yang menjadi favorit orang Yunani. Makanan ini disebut Kalamari, yang terinspirasi nama lain dari cumi-cumi yaitu calamary/calamari, yang berasal dan bahasa Prancis calamar.

Di Marseille Prancis, kita mengenal hidangan semacam sup yang disebut Bouillabaisse, campuran dari beragam jenis seafood, yang diberi bumbu safron dan adas. Hidangan ini disajikan bersama roti khusus yang disebut Marette, namun enak juga disantap bersama Croutons.
 

Tinta cumi-cumi juga lezat dicampurkan ke dalam masakan seperti nasi goreng, tumis cumi, bahkan Bouillabaisse, sebuah masakan terkenal Prancis, pun menggunakan tinta hitam ini dalam bahan utamanya.

Begitu juga dengan benua Amerika, sebuah hidangan sup kerang yang sudah dikenal di Amerika Serikat sejak tahun 1700-an, bernama Clam Chowder, menjadi favorit hingga kini.

Sajian dari negara Italia pun tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan bahan seafood ini. Contohnya Spaghetti alle vongole, sebuah hidangan spagheti yang dicampur dengan saus kerang. Juga ada Nasi Safron yang sangat terkenal dari Spanyol yang disebut Paella, berupa nasi yang dicampur dengan seafood.

Hmm seluruh manusia dalam komunitasnya di planet ini memang memiliki hidangan istimewa yang terbuat dari seafood. Bagaimana dengan daerah anda? 


Adakah masakan laut yang menarik untuk dicoba yang berasal dari resep nenek-kakekmu?

Let’s share it to the world
!
Print Friendly and PDF
BAGIKAN

Selamat Memasak !

0 komentar :

Post a Comment