temukan resep
MASAKAN JAJANAN
favorit anda disini !
Beranda » , » BAKSO BAKAR AROMA JERUK

BAKSO BAKAR AROMA JERUK

Baca Resep Lainnya

Bakso Bakar Aroma Jeruk

Resep bakso ini agak sedikit berbeda dari bakso bakar biasa yang dijual di pinggiran jalan di seluruh Indonesia. Selain sehat karena kita memasaknya sendiri, aroma jeruk mewarnai citarasa bakso bakar ini.


Mau membuktikan dan mencobanya? Ayo kita ikuti resep berikut dan berikan jajanan yang terjamin kesehatannya pada keluarga kita !

Dalam resep ini untuk : 8 tusuk
Waktu pengerjaan : 45 menit
Tingkat kesulitan memasak : Mudah

BAHAN UTAMA
500 gram daging sapi
125 gram es batu, hancurkan
3 siung bawang putih, haluskan
50 gram tepung kanji
¼ sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt soda kue
750 ml air, untuk merebus
1 sdt garam, untuk merebus
Air es untuk merendam
8 tusuk sate.

BAHAN PENCELUP
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
¼ sdt merica bubuk
Campur jadi satu bahan-bahan diatas.

BAHAN SAUS KACANG
75 gram kacang tanah, goreng, tiriskan
2 siung bawang putih
5 buah cabe merah, buang bijinya, rebus, tiriskan
2 sdm bawang goreng
200 ml air hangat
2 sdt air jeruk limau
1 sdt cuka 5%
1 sdt gula pasir
¼ sdt garam

CARA MEMASAK
1. Cara membuat bakso : potong-potong kecil daging, lalu tambahkan soda kue ke daging tersebut. Diamkan selama 15 - 20 menit. Lalu blender potongan daging dan 125 gram es batu hingga halus.


2. Pindahkan daging yang sudah diblender ke dalam mangkuk. Tambahkan bawang putih halus, tepung kanji, garam, dan merica. Uleni adonan daging hingga rata dan gampang dibentuk.


3. Masukkan 750 ml air dan garam kedalam panci, masak di atas api hingga mendidih, matikan api. Bentuk bulat adonan bakso dengan bantuan sendok, masukkan ke dalam panci berisi air panas. Setelah adonan bakso habis, nyalakan kembali api.


4. Rebus bakso hingga mengapung dan matang, angkat, segera masukkan bakso ke dalam mangkuk berisi air es, agar daging bakso menjadi padat. Tiriskan bakso dan air es, masukkan ke dalam bahan pencelup, aduk rata. Biarkan selama 30 menit agar bumbu meresap.


5. Tusuk 3-4 buah bakso dengan tusuk sate. Siapkan pemanggang diatas api atau bara arang, olesi kawatnya dengan minyak. Bakar bakso sambil di balik-balik dan diolesi bumbu perendam hingga warnanya kecokelatan, angkat. Hidangkan dengan pelengkap saus kacang.


6. Cara membuat Saus Kacang : masukkan kacang tanah, bawang putih, cabe merah, dan bawang goreng ke dalam blender, lalu proses hingga benar-benar halus, pindahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan air, air jeruk, cuka, gula pasir, dan garam, aduk rata.


Selamat mencoba resep ini !
Print Friendly and PDF
BAGIKAN

Selamat Memasak !

0 komentar :

Post a Comment