temukan resep
MASAKAN JAJANAN
favorit anda disini !
Beranda » , , , » RESEP OMELLETE GULUNG ALA JEPANG

RESEP OMELLETE GULUNG ALA JEPANG

Baca Resep Lainnya

Omellete Gulung Ala Jepang.

Nama aslinya masakan jepang ini sebenarnya tamagoyaki. Dadar gulung yang dimasak  menggunakan panci segi empat dan dibumbui dengan gula dan garam, sehingga rasanya manis asin.

Wah gado-gado ya rasanya. Dadar telur ini bisa dicampur dengan beragam bahan lain. Seperti daging cincang, tofu/ tahu, bahkan sayuran.

Kali ini kita akan memasaknya dengan isian wortel rebus dan daun bawang rebus. Hmmm gimana rasanya ya? Dadar telur gulung kok dicampur dengan dengan wortel dan daun bawang sih. Apa enaknya ya?

Seperti kita ketahui, wortel yang berwarna cerah ini memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk mata. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam wortel yang popular dibuat jus ini, bermanfaat juga untuk kesehatan ibu hamil untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Pada wortel juga terkandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, sodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium. Wah panjang amat kandungan manfaat wortel ya?

Kalo daun bawang, banyak juga sih manfaatnya bagi tubuh. Selain untuk kesehatan tulang dan percernaan, kandungan asam folat yang cukup tinggi bermanfaat bagi ibu hamil dalam menjadi kesehatan kandungan dan perkembangan otak janin.

Yang paling hebat manfaat dari daun bawang, katanya dapat mengobati cacingan, terutama pada anak-anak, dengan cara mengkonsumsi daun bawang rebus, bukan digoreng ya. Hmmm boleh juga nih daun bawang rebus.

Yuk kita coba masak omellete ini dengan isian wotel dan daun bawang rebus!

Resep ini untuk : 4 porsi
Lama memasak : 35 menit
Tingkat kesulitan memasak : Mudah

BAHAN UTAMA
8 butir telur
150 gram wortel, kupas, rebus hingga matang dan empuk
2 batang daun bawang, ambil bagian putihnya, rebus hingga layu
1 sdm mirin, bisa digantikan dengan perasan jeruk lemon dicampur dengan air
1 sdm gula pasir
¼ sdt garam
1 sdm minyak goreng, untuk olesan

CARA MEMASAK
1. Siapkan wajan dadar persegi empat. Kocok telur, gula pasir, mirin atau campuran air jeruk lemon dengan air, dan garam, bagi rata kocokan telur menjadi 4 bagian, sisihkan. 


2. Potong wortel dan daun bawang sesuai Iebar wajan wajan dadar persegi empat yang akan digunakan.


3. Olesi wajan dadar dengan minyak goreng, panaskan di atas api sedang, jangan sampai berasap ya. 


4. Kecilkan api, ambil 1 bagian telur yang sudah dibagi-bagi tadi, tuangkan setengahnya kedalam wajan. Miringkan wajan agar menutupi seluruh permukaan wajan dengan telur.


5. Lalu taruh 1 potong wortel dan 1 potong daun bawang diatas telur, pada sisi dekat tangkai wajan. Gulung dadar menjauhi tangkai wajan. Biarkan gulungan dadar tetap berada di ujung wajan. Tambahkan sedikit minyak jika perlu.


6. Lalu tuangkan lagi seperempat bagian telur kocok yang tersisa ke dalam wajan, biarkan hingga dadar matang. Gulung dadar yang sudah jadi tadi dengan dadar yang baru, sehingga dadar menjadi tebal. 


7. Lalu ulangi lagi menuang seperempat bagian telur kocok yang tersisa hingga bagian pertama telur kocok habis. 


8. Ulangi langkah 4, 5,6,7 tadi untuk 3 bagian telur kocok tersisa.


9. Potong dadar melintang setebal 2,5 cm atau sesuai selera. Sajikan dengan nasi pulen yang dibungkus nori atau nasi yang dicetak dengan mangkuk kecil.

Wah warna warni ya omellete ala jepang ini. Pasti menarik perhatian anak-anak untuk mencicipinya.

Bisa ditambahkan saus tomat/ sambal atau juga kecap manis.

Semoga resep ini dapat menjadikan hari anda lebih ceria !
Print Friendly and PDF
BAGIKAN

Selamat Memasak !

0 komentar :

Post a Comment